STRUKTUR PROGRAM 
| NO. | KOMPONEN | MATA   DIKLAT | ALOKASI   WAKTU (JAM) | 
| I | Program   Umum | 1.      Kebijakan Pembinaan Instruktur dan   Tenaga Kepelatihan | 2 | 
| 2.     Pengakuan Hasil Belajar   Sebelumnya (Recognition Prior Learning-RPL) | 10 | ||
| 3.     Review Pelaksanaan Pelatihan   Berbasis Kompetensi | 10 | ||
| Jumlah I | 22 | ||
| II | Program Pokok | 1.     Merencanakan Penyampaian Program   Pelatihan Tatap Muka. | 15 | 
| 2.      Memfasilitasi Pembelajaran   Tatap Muka | 10  | ||
| 3.      Menguji Pencapaian Kompetensi   Individu | 10 | ||
| 4.      Memfasilitasi   pembelajaran berbasis kelompok. | 5  | ||
| 5.      Memfasilitasi   pembelajaran individu | 5  | ||
| 6.      Memfasilitasi   pembelajaran berbasis pekerjaan | 5  | ||
| 7.      Pengajaran Mikro (Micro   Teaching) | 20 | ||
| 8.      Penyusunan Actions   Learning | 8 | ||
| Jumlah  II | 78 | ||
| Jumlah I + II | 100 | ||
| NO. | MATA   TATARAN/ KEGIATAN | DESKRIPSI | MATERI | 
| I. | PROGRAM UMUM | ||
| 1.  Kebijakan Pembinaan Instruktur dan Tenaga Kepelatihan | ·      Arah Kebijakan Pembinaan Instruktur dan Tenaga   Kepelatihan. | ·        Visi dan Misi Dit. INTALA  ·        Kebijakan Dit. INTALA ·      Arah   pengembangan Diklat INTALA | |
| 2. Pengakuan Hasil   Belajar Sebelumnya (Prior Learning Recognitions) | ·      Pemetaan kemampuan awal setiap peserta yang diperoleh dari hasil   pembelajaran dan pengalaman sebelumnya. | ·        Formulir RPL ·        Dokumen-dokumen   pribadi (portofolio) ·        Verifikasi | |
| 3.  Review Pelaksanaan Pelatihan Berbasis   Kompetensi. | ·      Mengkaji ulang dan penyamaan persepsi tentang pelaksanaan PBK dan 4   (empat) unit  kompetensi muatan teknis   program TOT Instruktur Junior. | ·        CBT Awareness. ·        Merancang Program Pelatihan. ·        Merencanakan dan Mempromosikan Program Pelatihan. ·        Merencanakan Serangkaian Sesi Pelatihan. ·        Melatih Kelompok Kecil. | |
| II. | PROGRAM POKOK | ||
| 1. | Merencanakan penyampaian program pelatihan tatap muka.  | Menganalisa disain program pelatihan yang telah ada   (untuk program tatap muka) untuk menyiapkan rincian urutan sesi pelatihan dan   pembelajaran   dan merencanakan   strategi pengajaran dan pembelajaran dan lingkungan belajar yang akan   digunakan pada tiap sesi. | ·        Merancang program   pelatihan. ·        Merencanakan sesi   pelatihan. ·        Mengidentifikasi tenaga   ahli yang diperlukan untuk mendukung pelatihan. ·        Memilih materi dan   media pembelajaran. ·        Membuat materi dan   media pembelajaran. ·        Karakteristik   lingkungan belajar. ·        Kondisi ergonomik dan   K3. | 
| 2. | Memfasilitasi   pembelajaran tatap muka | Membangun dan menjaga hubungan kerja   yang efektif berdasarkan kebutuhan peserta didik, pengetahuan dan pengalaman   sebelumnya untuk mengelola dan mendukung lingkungan belajar yang fleksibel di   mana melalui berbagai strategi intervensi dan pengawasan proses pembelajaran   yang berkelanjutan, semua siswa memiliki kesempatan untuk berhasil. | ·        Membangun hubungan bagi pembelajaran yang   efektif. ·        Kontrak pembelajaran. ·        Menyesuaikan rencana   sesi dengan kebutuhan pelatihan. ·        Memfasilitasi   pembelajaran. ·        Co-fasilitasi dengan   pelatihan lain. ·        Monitor pembelajaran. ·        Memfasilitasi asesmen   formatif. ·        Menggunakan informasi perkembangan   peserta. | 
| 3. | Menguji   pencapaian kompetensi individu | Mengidentifikasi,   memilih dan menerapkan strategi, metode dan instrumen  penilaian kinerja untuk: ·   mengumpulkan dan menilai bukti;  ·     membuat   keputusan dan memberikan umpan balik mengenai    unjuk kerja; ·   membuat keputusan yang berkaitan dengan   sertifikasi oleh organisasi pelatihan, ketika harus menghadirkan  seseorang untuk penilaian dan sertifikasi   oleh pihak berwenang dan / atau kelanjutan    proses belajar. | ·        Apa yang dimaksud   dengan asesmen berbasis kompetensi. ·        Proses asesmen   berbasis kompetensi. ·        Rencana asesmen:   berbasis konstruksi. ·        Pengumpulan bukti. ·        Menganalisa bukti. ·        Membuat keputusan dan   memberikan umpan balik. ·        Menginformasikan hasil   asesmen. | 
| 4. | Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Kelompok. | Unit   ini menentukan kompetensi yang diperlukan untuk merencanakan dan mengatur   pelatihan bagi individu-individu dalam suatu kelompok. | 1.  Mengapa dan apa yang dimaksud dengan pembelajaran dan fasilitasi? 2.  Sesi   Fasilitasi. 3.  Monitoring   dan pendukung fasilitasi. 4.  Evaluasi   dan kaji ulang. | 
| 5. | Memfasilitasi Pembelajaran Individu. | Unit ini menetapkan kompetensi yang diperlukan untuk   memfasilitasi pembelajaran individu melalui hubungan antara pembelajar dan   fasilitator. | 1.   Teknik   fasilitasi secara individu. 2.   Membangun hubungan pembelajaran secara individu. 3.   Mengembangkan   dan memelihara hubungan program pembelajaran secara individu. 4.   Menutup   fasilitasi secara individu. | 
| 6. | Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Pekerjaan. | Unit ini menspesifikasikan hasil yang dibutuhkan untuk  bekerja secara efektif sebagai sebuah   proses pembelajaran. | 1.  Mengapa   dan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis pekerjaan? 2.  Sarana   dan pendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis pekerjaan. 3.  Perencanaan   pembelajaran berbasis pekerjaan. 4.  Evaluasi   dan monitoring pembelajaran berbasis pekerjaan. | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar